BEDANYA ANTARA LOGO & BRANDING

Suatu ketika, saya menemukan seorang yang memberikan komentar mengenai brand, dia katakan bahwa “wah hebat ya, ini brand-nya menjual, dikenal luas di masyarakat dan berdampak pada peningkatan penjualan mereka” jika memperhatikan kata-kata dari orang tersebut sebenarnya ada tiga hal yang bermakna berbeda, yakni brand sebagai logo, brand sebagai dayat tarik (brand image) dan brand sebagai pendukung marketing.
Sahabat Basmaracademy, Istilah Branding saat ini bukan hanya dikenal secara spesifik mereka yang beregelut dengan dunia grafis, tapi hampir sebagian besar orang sudah mengenal istilah ini, namun masih ada yang salah mengartikan istilah brand, bahkan yang lebih seru lagi, ada yang menyamaratakan fungsi brand dengan beberapa bidang lainnya, seperti visual design, komunikasi, promosi, advertising, marketing, event dan lain sebagainya.
Brand tentu berbeda dengan yang saya sebutkan di atas, baik dari segi makna maupun pandangan, namun secara langsung maupun tidak sebenarnya saling berkaitan. Bagaimana kaitan antara bidang lainnya dihubungkan dengan sudut pandang banding, Basmaracademy mencoba mengulas ulang dari tulisan Irvan Permana dalam majalah VERSUS secara umum.
BRAND & BRANDING
Tentu sahabat sudah mengetahui bahwa yang dimaksud dengan Brand adalah sebuah nama, simbol, desain ataupun kombinasi dari semuanya, yang lebih digunakan untuk mengidentifikasi sebuah produk, tempat, orang, perusahaan, negara, organisasi dan lain sebagainya. Dengan kata lain, sesuatu itu dapat dikatakan brand jika dia mengidentifikasikan sesuatu tadi. Sedangkan Branding adalah ketika brand berinteraksi dan menyapa audience-nya agar lebih dekat dengan kehidupan dan pikiran audience.
Kehadiran setiap brand, tentu berbeda dan unik antara satu brand dengan lainnya, brand sengaja diciptakan dengan image dan tujuan tertentu untuk memenuhi kebutuhan audience-nya. Kadang hanya karena brand, suatu barang bisa lebih dekat dengan pembelinya (customer) bahkan sebaliknya gara-gara brand customer menjadi tidak percaya dengan produknya atau jasa yang ditawarkan.
Proses kelahiran dan pengolahan brand inilah disebut debagai branding, karena bukan hanya berpikir tentang market-share, tapi juga bertujuan untuk meningkatkan mind dan heart share.
LOGO & BRAND
Sahabat basmaracademy, terkadang kita menyamaratakan istilah logo dan brand, padahal secara filosofi, logo dan brand sedikit berbeda, artinya logo belum tentu menjadi brand, dan sebaliknya brand juga tidak selamanya berupa logo. Dengan kata lain brand ada penambahan dan perlakuan khusus jika dibandingkan dengan logo.
Perbedaan seperti pada tabel berikut:

  1. Logo hanya terlihat secara visual, sedangkan brand selain terlihat secara visual juga ada unsur rasa dari penikmatnya .
  2. Lago hanya berdampak secara visual, sedangkan brand dituntut untuk berpenampian yang baik
  3. Logo hanya dituntut pengakuan dari orang yang melihatnya, sedangkan brand ditambahkan dengan penampilan kepribadian dari perusahaan atau lembaga tersebut.
  4. Logo merupakan wujud dari gagasan visual, sedangkan brand juga ditambahkan dengan pengalaman sensorial dari pemilik brand.
  5. Logo lebih mengedepankan visibilitas dan konsistensi, sedangkan brand lebih mengedepankan komitmen dan kepercayaan yang diperikan pemilik brand
  6. Logo hanya merupakan visualisasi dari grafis, sedangkan brand menambahkannya dengan ekspressi dan visual yang baik.
  7. Logo menargetkan desain yang baik, sedangkan brand menambahkannya dengan pemenuhan kebutuhan dan keinginan dari customer brand.

Itulah sedikit perbedaan antara brand dan logo yang mungkin dapat menambah wawasaan seluruh sahabat basmaracademy.


Salam kreatif, tetap berkarya!
Baso Marannu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *