DISIPLIN

Kecenderungan displin bagi tiap orang menurut Wisnubrata yang ditulis di compos.commenyebutkan, Ada dua tipe orang di dunia ini, pertama orang yang senang mengerjakan sesuatunya semau gue dan kerja saat hari terakhir (deadline) kalo dunia mahasiswa dikenal dengan istilah SKS (Sistem Kebut Semalam), dan kedua mereka yang terbiasa kerja mengikuti jadwal yang terinci. Ayoo…yang manakah Anda?

Kerja kreatif diwaktu-waktu terakhir sebenarnya kurang baik, karena energi akan terkuras, konsentrasi bias, dan hasilnya kemungkinan ada yang tidak sempat terkoreksi bahkan tidak maksimal, itulah bedanya dengan mereka yang kerja sesuai jadwal dan disiplin sesuai target yang ditetapkan.

Hidup teratur dan disiplin, bagi sebagian kita dianggap berat, karena mudah diucapkan tapi sangat berat dikerjakan, karena sangat berhubungan dengan kebiasaan, nah bagaimana cara kreatif mengatasi kemalasan atau tidak teraturan, tentu masing-masing kita punya metode yang berbeda tergantung situasi dan kondisi yang mendukung.

@basmaracademy, akan berbagi pengalaman dari orang-orang yang terbiasa disiplin, misalkan (1) setiap kegiatan yang direncanakan ditulis secara rinci, dan diletakkan pada tempat yang mudah dibaca, misalkan di atas meja kerja atau di tempel di depan lemari es. (2) Beri catatan setiap tugas yang sudah dilaksanakan demikian juga alasan mengapa tidak tercapi; (3) Jika tidak tercapai Anda bisa memberikan hukuman yang kreatif bagi diri sendiri tapi yang menggembirakan, misalkan nyanyi 4 lagu, atau apa saja yang tidak menyulitkan diri sendiri; (4) Biasakan bergaul dengan lingkungan yang disiplin; (5) biasakan terbuka untuk belajar dari pengalaman orang lain.

Salam Kreatif!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *