ETAPE KREATIVITAS bukan JANTUR

Konon saat ini orang nggak perlu susah untuk berkreativitas, tinggal klick mbah google semua ada disana, eksesnya menuh-menuhin medsos akibat iklan yang seabrek dan bertubi-tubi. Biarin aja, nggak usah di delete namanya juga usaha. Sebenarnya berkreasi itu, butuh kesabaran dan ketekunan, termasuk fokus pada apa yang kita lakukan, Kreatif itu bukan ‘jantur (sulap) dia nyata, karya kita kudu berkarakter dan bisa diterima, termasuk hindari plagiat. Kreativitas adalah suatu proses yang menuntut keseimbangan dan aplikasi dari ketiga aspek esensial yaitu kecerdasan analis, kreatif dan praktis. Beberapa aspek yang ketika digunakan secara kombinatif dan seimbang akan melahirkan nilai kesuksesan. Kreatifitas berkaitan dengan pribadi kreatif yang melibatkan diri dalam proses kreatif termasuk dukungan lingkungan yang kreatif. Defenisi Kreativitas 4P, biar mudah ngingatnya, yaitu:

Pribadi, kreativitas diberikan dalam titik pertemuan yang khas antara atribut psikologis: inteligensi, gaya kognitif, dan kepribadian atau motivasi. Ketiga segi alam fikiran ini bersama sama membantu memahami apa yang melatar belakangi individu yang kreatif. 
Proses, kreativitas pada dasarnya menyerupai langkah-langkah dalam metode ilmiah yaitu definisi yang meliputi seluruh proses kreatif dan ilmiah mulai dari menemukan masalah sampai dengan menyampaikan masalah. 
Produk, kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan atau menciptakan sesuatu yang baru. Hal ini terfokus pada produk kreatif yang menekankan orisinalitas atau kemampuan untuk membuat kombinasi – kombinasi baru yang mempunyai makna sosial. 
Press pendekatan terhadap krativitas menekankan faktor “ press “ atau dorongan baik dorongan internal ( diri sendiri berupa keinginan dan hasrat untuk mencipta atau bersibuk diri secara kreatif ) maupun dorongan eksternal dari lingkungan sosial psikologi. 
Secara umum tahapan kreativitas dapat dibagi dalam 4 tahap: Exploring, Inventing, Choosing dan Implementing. • Exploring. mengidentifikasi hal-hal apa saja yang ingin dilakukan dalam kondisi yang ada saat ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *