JANGAN MENUNDA

Jangan menunda pekerjaan yang bisa Anda kerjakan hari ini! Gampang ngucapinnya tapi sulit mempraktekkannya, termasuk pada diri saya, Kemarin tim @basmaracademy merencanakan untuk mengambil gambar untuk video selanjutnya, tapi cuaca hari ini kurang bersahabat, gemuruh guntur disertai petir sesekali menghiasi langit yang berselimut awan hitam, trus bagaimana? Tetap mengambil gambar untuk memenuhi komitmen atau kita pasrah pada keadaan dan tidak ada karya yang dihasilkan.

JANGAN DITUNDA, walaupun ada yang mengatakan bahwa tidak mengambil keputusan juga merupakan keputusan, hehehe…Menurut Joseph R Ferrari, ada dua jenis penunda, pertama adalah mereka yang menunda karena senang mengerjakan pekerjaan di menit-menit terakhir, kedua sengaja menghindar dengan berbagai alasan. Mereka yang menunda karena takut gagal itu percaya bahwa lebih baik mereka tidak mencoba dari pada mencoba tapi gagal.

Sahabat @basmaracademy, beberapa ungkapan yang umum disampaikan oleh para penunda “Besok deh, saya janji” Lihat itu pekerjaan dimeja saya, mana mungkin saya bisa kerjakan semua?”kan masih ada waktu besok kita kerjakan lagi” dan seabrek alasan yang lainnya, yang intinya hanya sekedar berdalih yang dibuat-buat.

Untuk mengambil keputusan agar tidak menunda apa yang bisa kita kerjakan hari ini, maka segera tanyakan pada diri kita (1) Seberapa besar risiko biaya yang kita keluarkan?; (2) Berapa lama waktu yang tersita jika kita melanjutkannya?; (3) Apa faktor yang menghalangi penundaan hari ini?; (4) Seberapa jauh dampak baik dan buruknya? Dan yang terkahir SEBERAPA LAMA KITA MEMIKIRKAN DAN MENGAMBIL KEPUTUSAN UNTUK MENJAWAB PERTANYAAN TERSEBUT!

Salam Kreatif.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *