KAWAN LAMA, LAMA BERKAWAN

KAWAN LAMA, LAMA BERKAWAN
“Bos dimanaki?” Terlihat di WA saya, saat sedang melakukan tugas penelitian di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, awalnya saya bingung siapa yang nge-WA, karena nggak tertulis namanya. Hanya nomor hehehe, saya mencoba melacaknya di grup Alumni SMA 3 Makassar, ternyata benar, ha..ha.. kawan lama dan lama berkawan bertemu kembali di Kabupaten Polman.
Sewaktu SMA 3 Makassar dulu, saya memanggilnya Tarjo (50), walaupun nama aslinya Herwin Hartawan, sempat kurang nempel di benak, itulah kelemahan kita dulu saat masa-masa SMA hanya mengenal nama panggilan, dan kurang hafal nama sebenarnya.
Tarjo, sudah melanglang buana di dunia perkebunan, bahkan pernah kerja kebun coklat hingga provinsi Papua, saat ini beliau sudah mandiri, bahkan coklat yang dikelola melalui petani coklat di kecamatan Wonomulyo sudah di eksport hingga ke Jepang.
Kesuksesan dan kegigihan Tarjo patut saya acungin jempol, dulunya setelah tamat SMA segala hal sudah dia lakukan, mulai dari bisnis rotan, kayu, hingga jualan pisang dia lakoni dengan tekun, hingga akhirnya dia fokus pada tanaman coklat, bahkan menjelaskan tentang seluk beluk coklat, mulai dari proses penanaman hingga siap eksport dia jelaskan dengan lancar, weits, salutlah.
Bahkan saat ini, tarjo mengelola sebuah lahan perkebunan coklat seluas 5 hektar di Desa Landi Kanusuang, Kecamatan Mapili, jaraknya sekitar 10 km dari jalan raya polman, “masih baru, mudah-mudahan lima tahun mendatang sudah bisa dinikmati” ungkapnya penuh optimis.
Teman lama memang memberikan berkah, karena beberapa hal Tarjo(50) sangat membantu kegiatan penelitian saya tentang survei Karakter siswa di Sulawesi Barat, satu hal yang perlu kita sadari bahwa jalinlah terus perkawanan, jangan pernah memutus silaturrahim, kan pada akhirnya kita pasti membutuhkan bantuan orang lain.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *