KREATIVITAS KUDU SMART

Alhamdulillah, tulisan kemarin (15012019) mengenai keberanian membuat media promosi bagi yang nyaleg #10, mendapat respon yang cukup besar dari sahabat @basmaracademy, walaupun banyak yang menanyakan secara detil, bahkan ingin langsung dibuatkan, ups,. yang terakhir ini sepertinya perlu didiskusikan di warung kopi biar idenya lebih segeer.

Prioritas menjadi menjadi penting untuk menghasilkan karya kreatif, yang dimaksud disini adalah hal-hal yang penting dilakukan dan secara bertahap serta ketekunan berkreasi, mengapa ini penting, biasanya (tapi nggak semuanya loh!) orang-orang yang bergelut di dunia kreatif condong mengabaikan hal yang penting dan mana yang prioritas dilaksanakan, katanya tunggu ¡°mood¡±, sekali lagi saya sampaikan bahwa kerja kreatif tidak harus berkarya layaknya seniman, Mood harus dijemput bukan ditunggu, begitu sih kata orang bijak.

Sahabat @basmaracademy, kreativitas kudu ¡®SMART¡¯ itulah pembahasan kita kali ini. Idenya saya ambil dari buku 99 Cara Gila Menjadi Kreatif ala Mark Zuckerberg (pemilik Facebook), SMART selain diterjemahkan ¡®cerdas¡¯ juga merupakan singkatan dari Specifik, Measurable, Attainable, Relevant, Timely. SPECIFIC, Kreatifitas itu harus menentukan target yang ingin dicapai secara spesifik nggak boleh secara umum, jadi ngukurnya lebih realistis. MEASURABLE, Kreativitas selain mampu menentukan target, juga urutan kreativitas secara logis dapat terukur, misalkan berapa waktu yang dibutuhkan untuk satu karya kreatif. ATTAINABLE, Karya kreatif harus dibuat serealistis mungkin dan logis diaplikasikan. RELEVANT, kreativitas yang dilakukan harus sesuai dengan bakat dan kemampuan kita, termasuk faktor pendukung menjadi pertimbangan. Terakhir TIMELY, waktu menjadi bagian yang penting agar karya kreatif dapat dinikmati khususnya pencapaian target (prioritas) kreativitas itu agar dapat dimanfaatkan, untuk diri sendiri atau orang lain.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *