Makna Penggunaan Typografi “EGYPTIAN”

Sahabat basmaracademy, sebelum kita membahas tentang typografi Egyptian, kita kembali akan memmberikan informasi mengenai typografi itu sendiri, Tipografi dibedakan menjadi 2 macam jenis, yaitu :

  1. Pertama Tipografi didefennisikan sebagai suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga bisa membantu pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.
  2. Kedua Seni Tipografi, yaitu sebuah desain atau karya yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama.

Maka pandangan typografi secara ilmu adalah bagaimana kita memilih dan menata sebuah huruf, sedangkan seni typografi adalah bagaimana huruf sebagai elemen utama yang ditata sedemikian rupa sehingga sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Menurut Roy Brewer (1971) tipografi atau typography bisa mempunyai arti yang luas yang meliputi penataan dan pola halaman, atau setiap barang cetak. Atau dalam arti yang lebih sempit hanya meliputi penataan, pemilihan dan berbagai hal bertalian pengaturan baris-baris susun huruf (typeset), tidak termasuk ilustrasi dan unsur-unsur lain bukan susun huruf pada pada halaman cetak.
Berkaitan dengan jenis typografi Egyptian, font yang berada di bawah keluarga Egyptian memiliki ciri huruf seperti papan. Berbeda dengan kategori Roman yang memiliki tebal tipis di hurufnya, Egyptian memiliki ketebalan yang hampir sama di setiap hurufnya. Kesan yang ditimbulkan oleh jenis huruf Egyptian adalah kokoh, kuat, kekar, dan stabil. Jenis font yang ada di kategori Egyptian adalah Rockwell dan Typo Slab – Serif.
Maka tidak heran kalu beberapa hal yang bersifat tegas selalu menggunakan huruf jenis egyptian, karena karakter yang dimilikinya, dalam perkembangan teknologi saat ini, jenis ini terus mengalami varian yang begitu banyak.
Namun perlu diingat, bahwa penggunaan jenis huruf ini, jika dibuat dalam bentuk tulisan yang kecil terkadang berdampak pada mata yang sedikit melelahkan, karena ukurannya yang hampir sama. Namun jenis ini sangat cocok untuk tulisan yang besar dan tidak panjang.
Saat ini, typografi sudah mengalami perkembangan dari fase penciptaan dengan tangan hingga mengalami komputerisasi. Fase komputerisasi menjadikan penggunaan tipografi menjadi lebih mudah dan dalam waktu yang lebih cepat dengan jenis pilihan huruf yang sangat banyak jumlahnya dan bervariasi.
Untuk itu disarankan untuk tetap memperhatikan karakter jenis ini ketika membuat media visual, terutama tulisan yang panjang, namun tetap dapat di variasikan dengan jenis typografi roman.

Salam Kreatif
Baso Marannu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *