Makna Penggunaan Typografi “MISCELLANEOUS”

Huruf yang berada di kategori Miscellaneus ini tidak memiliki ciri khas atau rupa yang spesifik seperti 4 kategori lainnya yang sudah dijelaskan dalam tulisan terpisah. Makanya cenderung varian ini cukup banyak, karena sudah penggabungan dari beberapa jenis font yang telah ada sebelumnya, para pelukis graffiti sering memanfaatkan ketegori typografi jenis ini.
Sahabat Basmaracademy, huruf yang berada di bawah kategori ini merupakan pengembangan dari bentuk–bentuk yang sudah ada, hanya ditambahkan hiasan, ornament atau garis – garis dekoratif. Jenis font yang ada di bawah kategori ini sangat banyak, antara lain Comic Sans MS, Joker, dan Magneto.
Apapun jenis typografi yang kamu gunakan, tetap harus memperhatikan karakter dari font tersebut, terutama pesan yang ingin disampaikan, dengan dasar itu, maka kesalahan pemilihan font dapat diminimalisir.
Untuk lebih memperkaya penggunaan typografi, maka tulisan berikut ini akan memandu kamu untuk mengaplikasikan font dalam desain kemasan, beberapa prinsip-prinsip yang harus kamu perhatikan adalah:

  1. MENDEFINISIKAN KEPRIBADIAN TIPOGRAFI
    Tipografi harus dapat mendefinisikan desain kemasan artinya karakter kemasan yang ingin dibuat harus mendukung font yang digunakan. Kepribadian visual yaitu apa yang mengkomunikasikan konsumen dalam mengartikan sebuah desain. Untuk itu diperlukan pendalamana terhadap strategi komunikasi visual yang tepat digunakan, agar kemasan dan typografi yang digunakan sesuai.
  2. MEMBATASI JENIS HURUF
    Dijaman teknologi saat ini, jenis font sangat bervariasi, untuk itu pertimbangan yang tepat mengenai berapa tipe huruf yang dibutuhkan dalam mengkomunikasikan sebuah konsep. Pada umumnya tiga jenis font dalam penel display utama dinilai cukup, maksudnya jangan terlalu banyak menggunakan jenis font untuk satu jenis kemasan yang dibuat. Terkadang terasa sulit membatasi jumlah tipe huruf karena kuantitas teks yang perlu dituliskan pada desain kemasan. Dalam hal ini cara terbaik yaitu menggunakan tipe fhuruf yang menawarkan ragam gaya dalam satu kelompok tipe yang sama.
  3. MENCIPTAKAN HIRARKI TIPOGRAFI
    Penempatan font pada sebuah kemasan perlu memperhatikan Hirarki tipografi, organisasi informasi, kerangka informasi yang disusun berdasarkan tingkat kepentingan, dengan cara ini maka kamu tidak kan kesulitan untuk menyusunnya menjadi sebuah desain yang utuh. Hal yang penting juga diperhatikan adalah bagaimana konsumen mengetahui dengan cepat informasi yang disampaikan dalam desain kemasan. Unsur-unsur tipografi diatur sedemikian rupa dengan memperhatikan prinsip-prinsip desain seperti pengaturan komposisi, urutan, keterkaitan, skala bobot, kontas dan warna sesuai dengan tujuan komunikasi visual dalam kemasan yang di desain.
  4. MENDEFINISIKAN POSISI TIPOGRAFI
    Penempatan Posisi tipografi merupakan hal yang penting bahkan menjadi hal utama dalam sebuah desain kemasan, sebagai contoh peletakan fisik tipografi di dalam area display utama harus memperhitungkan keterbacaan, lokasi masing-masing huruf harus memperhitungkan komposisi secara keseluruhan, termasuk penggunaan kata dalam kaitanya dengan elemen desain lainya.
  5. MEMVARIASIKAN SKALA TIPOGRAFI
    Umumnya skala mengacu pada pembesaran atau pengecilan ukuran poin. Dalam tipografi desain kemasan skala terkait pada ukuran elemen-elemen tipografi yang terintegrasi satu sama lain. Contohnya identitas merek (nama merek, logo merek, dll) biasanya lebih besar skalanya daripada penjelasan produk. Teks yang terletak pada bagian depan atau pada panel display utama harus memperhatikan keterbacaan ketika produk berada pada rak pajang.
  6. MEMILIH KEKONTRASAN
    Tipe huruf yang kontras merupakan sarana dalam mengkomunikasikan kata atau baris teks yang mungkin sama pentingnya tetapi sangat berbeda. Kekontrasan tipografi tebal-tipis, italic-roman, serif-san serif memungkinkan perancang untuk mengorganisir informasi ke konsumen dan menambah daya tarik layout. Agar kontras huruf dapat efektif, dua kata atay sekelompok huruf harus terlihat sangat berbeda.
  7. BUATLAH TIPOGRAFI YANG KHAS
    Nama merek dan nama produk adalah apa yang membuat konsumen terkait ke produk secara mental dan emosional, sehingga tipografi yang digunakan harus unik dan khas. Hal ini dapat dicapai tanpa harus menciptakan tipe huruf baru. Dengan jenis huruf yang telah ada, karakter dapat direvisi. Bentuk huruf dapat didesain, ligatur dapat diciptakan dan tipe huruf dapat dimiringkan.
    Tentu banyak hal yang masih perlu di eksplore kaitannya dengan pemanfaatan typografi untuk desain kemasan, namun yang paling utama adalah teruslah belajar dan terus melihat karya-karya besar para kreator.
    Salam Kreatif
    Baso Marannu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *