Makna Penggunaan Typografi “ROMAN”

Sahabat Basmaracademy, tentu kamu sudah membaca pada tulisan sebelumnya tentang typografi secara umum, nah, kali ini kita akan membahas secara detail salah satu jenis typografi yakni jenis ROMAN.
Huruf di keluarga Roman memiliki ciri khas tersendiri yang mudah dikenali. Huruf Roman memiliki ketebalan dan ketipisan pada setiap garis di huruf – hurufnya. Semua huruf yang ada di bawah naungan kategori Roman memiliki ciri khas klasik, anggun, tegas, lemah gemulai dan feminim.
Keluarga huruf Roman sudah ada sekitar abad 11 atau 12. Karena itu, huruf Roman merupakan salah satu kategori huruf yang paling tua. Jenis font yang ada di kategori huruf Roman antara lain Bodoni, Georgia, dan Times New Roman. Ciri-ciri typogrfi ROMAN adalah :

  1. pertama Terdapat Lengkungan Serif /Counterstroke.
  2. Kedua Kontras antara tebal dan tipis garis font,
  3. ketiga Terdapat palang / garis horizontal pada font.

Karena klasik dan ketegasan huruf ini, Penggunaannya banyak diterapkan pada tulisan-tulisan yang bersifat formal, beberapa majalah dan koran lebih banyak menggunakan jenis huruf ini, karena perbedaan antara huruf kecil dan kapitalnya sangat jelas, bahkan dengan memanfaatkan jenis font ini akan memberikan kemudahan dalam membaca. Selain kemudahan, efek bagi pembacanya juga tidak cepat lelah, karena terlihat sangat ringan, itulah mengapa jenis typografi ROMAN dikatakan feminim.
Typografi ROMAN memiliki ciri sirip/kaki/serif berbentuk lancip pada ujungnya. Dalam tipografi disebut Counterstroke yang dipercaya dapat membuat mata lebih nyaman melihat kumpulan huruf dalam jumlah banyak serta berfungsi untuk mempermudah dalam membaca suatu kalimat. oleh sebab itu, jenis font ini paling banyak digunakan dalam buku atau artikel majalah. Pada klasifikasi font jenis ini juga disebut Old Style karena memiliki kesan klasik, anggun, dan unik.
Karana nilai readibility yang baik, jenis font ini sering dijadikan judul/headline artikel karena lebih terlihat menarik jika dalam ukuran besar, namun tidak jarang juga font ini digunakan untuk isi konten misal seperti buku, artikel, majalah dan sebagainya.
Demikian penjelsan singkat tentang makna typografi ROMAN, namun yang perlu diketahui lebih lanjut adalah, pemanfaatan font jika harus disandingkan dengan jenis font lainnya tetap memperhatikan komposisi dan penekanan komunikasi yang diinginkan.

Salam Kreatif
Baso Marannu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *