MAKNA TYPOGRAFI SERTA PENGGUNAANNYA

Sahabat Basmar Academy, kali ini, kami akan mengulas beberapa hal yang terkait dengan typografi, tentu bagi kamu yang sudah terbiasa dengan desain grafis sangat akrab dengan typografi ini, termasuk bagaimana kamu membuat beberapa karya yang menyangkut desain komunikasi visual.
Coba kamu perhatikan desain-desain yang berada di sekeliling kamu apalagi saat ini banyak yang membuat desain kampanye untuk calon legislatif, entah itu desain poster, desain suatu produk, desain iklan, hampir semua mengandung unsur tipografi.
Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual. Maka dari itu, unsur yang ada di dalamnya juga harus memancarkan informasi yang ingin disampaikan. Hal ini berlaku untuk tipografi. Pemilihan tipografi yang benar membantu menyampaikan informasi yang ingin disampaikan secara tepat, termasuk karakter typofrafi yang kamu harus gunakan, jika salah biasanya komunikasi yang ingin disampaikan tidak tepat.
Sejarah perkembangan tipografi dimulai dari penggunaan Pictograph. Bentuk bahasa ini antara lain dipergunakan oleh bangsa Viking Norwegia dan Indian Sioux. Di Mesir, berkembang jenis huruf Hieratia, yang terkenal dengan nama Hieroglyp pada abad sekitar 1300 SM. Bentuk tifografi akhirnya berkembang sampai di Kreta, lalu menjalar ke Yunani dan akhirnya menyebar ke seluruh eropa.
Pada perkembanganya penggunaan typografi, terjadi kurang lebih sekitar abad 8 SM di Roma, saat orang romawi mulai membentuk kekuasaannya. Karena bangsa Romawi tidak memiliki sistem tulisan sendiri, mereka mempelajari sistem tulisan Etruska yang merupakan penduduk asli Italia serta menyempurnakannya hingga terbentuk huruf-huruf Romawi saat ini.
Tifografi mengalami perkembangan dari fase penciptaan dengan tangan hingga mengalami komputerisasi. Fase komputerisasi membuat penggunaan tipografi menjadi lebih mudah dan dalam waktu yang lebih cepat dengan jenis huruf berjumlah ratusan, bahkan ribuan.

Mengapa Tipografi berperan Penting?
Peran tipografi sangat penting untuk komunikasi visual, targetnya untuk mengkomunikasikan ide atau informasi dari halaman ke pengamat dari media ke media, walaupun terkadang, secara tidak sadar walaupun kita bukan termasuk komunitas yang bergelut di dunai grafis, tapi kita selalu berhubungan dengan tipografi setiap hari dan setiap saat, seperti koran, majalah, label pakaian nama toko, nama jalan, dan lain-lain
Dalam tipografi terdapat beberapa jenis huruf yang dipakai untuk tujuan dan kondisi tertentu atau yang lebih di kenal dengan nama Font. Klasifikasi huruf dibuat berdasarkan atas latar belakang sejarah perkembangan tipografi yang diambil dari momentum-momentum penting dalam perjalanan sejarah penciptan dan pengembangan bentuk huruf. Walaupun saat ini lahir beragam jenis bentuk huruf, dunia tipografi sekarang masih banyak mengangkat jenis huruf-huruf lama, seperti Bodoni, Century, atau pun Garamond yang direproduksi serta dimodifikasi dengan teknologi digital
Seni tipografi adalah sebutan bagi tipografi dalam desain grafis. Seni tipografi menitik beratkan pada pengaturan huruf sebagai elemen utama dalam desain yang ingin dibuat. James Craig membagi tipografi menjadi 5 kategori, antara lain: Roman, Egyption, Sans Serif, Script dan Miscellaneous.
Kelima kategori jenis font tersebut akan dijelaskan secara rinci dalam tulisan tersendiri, yang jelas tujuan mengkategorikan jenis font tersebut, agar karakter dan makna komunikasi yang ingin disampaikan sesuai dan tepat dengan font yang dipilih.
Salam Kreatif
Baso Marannu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *