Makna Warna HITAM

Bagi sebagian besar orang menganggap bahwa warna hitam adalah warna duka, mungkin ada benarnya, karena beberapa film kalo sedang melayat pasti menggunakan baju hitam, kenapa ya? Berarti melambangkan kedukaan, sementara kartu kredit yang premium justru didominasi warna hitam dan aksen warna emas.
Warna hitam cenderung Elegan, misterius, namun atraktif. Tidak heran jika warna yang populer dalam ranah fashion ini menjadi favorit banyak orang. Bagaimanapun, warna hitam merepresentasikan kekuatan, rasa percaya diri, dramatis, misterius, klasik. Bahkan dalam banyak kasus: melambangkan maskulinitas.
Hitam adalah warna yang gelap, suram, menakutkan tetapi elegan. Karena itu elemen apapun jika di taruh di atas background hitam akan terasa lebih bagus (misalnya, pada waktu menampilkan foto, portfolio atau produk).
Dengan pemahaman efek dari berbagai macam warna ini maka dunia komunikasi visual, marketing, materi promosi (brosur, undangan, x banner, leaflet) , corporate identity (kop surat, kartu nama, amplop) hingga pembuatan desain logo perusahaan yang menjadi titik awal dari program branding yang sukses dan berhasil.
Warna hitam berfungsi untuk memberikan vibrasi tertentu di dalam suatu desain logo. Begitu hebatnya kekuatan warna hitam, sehingga bisa memberikan efek psikologis dan kesan yang mendalam kepada semua orang yang melihatnya.
Namun, penggunaan warna hitam yang terlalu dominan, bahkan secara tidak seimbang, dapat menciptakan kesan lain, seperti suram, gelap, bahkan menakutkan. Adapun pemakaian dalam intensitas besar bisa saja menimbulkan perasaan tertekan yang lekat dengan kondisi hampa, kerusakan, duka, hingga kematian.
Demikian halnya dengan warna lainnya, maka disetiap daerah untuk kegiatan yang sakral, warna hitam memiliki makna yang berbeda, terutama yang menyangkut simbol tradisi daerah.
Baso Marannu
Salam Kreatif.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *