Makna Warna Merah

Kesempatan ini kita akan membahas secara umum, mengenai makna warna Merah, warna yang terkadang diidentikkan dengan keberanian, bahkan konon warna merah memiliki aura yang sangat kuat, ketika ada teman Anda yang menggunakan baju berwarna merah, pasti komentarnya “weits berani juga!” atau “silau man!” dan lain-lain.
Warna merah cenderung keras (panas) memberi arti gairah dan semangat dan memberi energi bagi orang yang menggunakan atau melihatnya, bahkan warna merah untuk menyerukan terlaksananya suatu tindakan.
Dalam psikologi warna merah memberi arti sebuah simbol keberanian, kekuatan dan energi, juga gairah untuk melakukan tindakan (action), serta melambangkan kegembiraan, jadi wajar beberapa perusahaan besar, brand (logo) yang digunakan senang menggunakan warna merah.
Makanya tidak heran pula warna merah merupakan warna yang paling mendalam di antara warna-warna yang ada, warna ini termasuk golongan warna yang hangat. Makna warna merah bisa menggambarkan reaksi fisik terkuat dari diri kita sendiri.
Untuk beberapa hal, Merah adalah warna yang paling sering menarik perhatian termasuk beberapa rambu peringatan sering menggunakan warna merah. Warna tersebut memiliki karateristik merangsang saraf, kelenjar adrenal (endokrin) dan saraf sensorik, buktinya kendaraan lampu stop, menggunakan warna merah.
Menurut beberapa hasil penelitian, menunjukkan bahwa warna Merah juga meningkatkan sirkulasi darah dan kereaktivan darah itu sendiri. Warna merah juga paling ampuh untuk merangsang dan meningkatkan energi fisik, memperkuat motivasi, meningkatkan sirkulasi, dan berkaitan dengan seksualitas.
Merah juga membangkitkan emosi dan menciptakan perasaan kegembiraan atau intensitas. Tetapi pada saat yang sama, warna ini dapat dianggap sebagai tuntutan dan sikap agresif. Biasanya di gunakan untuk memberikan efek psikologi panas , berani, marah dan berteriak. Beberapa studi juga mengindentifikasi merah sebagai warna yang sexy. Didalam desain, kita bisa menggunakan warna merah sebagai aksen karena sifatnya yang kuat. Misalnya, pada logo hitam putih di berikan aksen warna merah sedikit saja sudah bisa membuat logo tersebut menjadi terlihat berbeda.
Dunia psikologi sering kali mengaitkan arti warna merah dengan energi, gairah, kekuatan, cinta, enerjik, kemewahan, nafsu dan peringatan. Selain itu, warna merah juga identik dengan kekerasan, kecemasan, bahkan agresivitas, itulah mengapa warna hati (Love) selalu diberikan warna merah.
Sedangkan warna merah muda (campuran merah dengan putih) atau kita kenal dengan warna pink dianggap melambangkan cinta dan romantisme. Itu sebabnya, merah muda populer dengan warna “cinta”, berhubungan dengan perempuan, dan kesan feminim.
Tentu makna merah ditiap-tiap negara atau daerah tertentu terkadang berbeda makna, karena masing-masing mengartikan sesuai dengan budaya dan tradisi mereka, namun secara umum demikianlah makna warna merah yang berlaku secara umum. Aplikasinya sangat beragam terutama warna merah yang dipakai untuk kemasan.

Baso Marannu
Salam Kreatif.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *