Makna Warna PUTIH

Kontras dengan warna hitam, putih erat kaitannya dengan kesan bersih, suci, ringan, dan “terang”. Adapun diyakini punya “kekuatan” untuk mengurangi rasa sakit, tidak heran jika warna putih sering kali dijumpai dalam dunia kesehatan. Seperti halnya di rumah sakit, atau tempat terapi, walaupun pada perkembangannya rumah sakit sudah memodifikasi warnanya dengan warna pastel.
Putih juga memberikan aura kebebasan dan keterbukaan. Rumah sakit dan pekerja rumah sakit menggunakan warna putih untuk menciptakan kesan steril. Namun, terlalu banyak warna putih dapat memberikan rasa sakit kepala dan kelelahan mata karena cahaya yang dipantulkan.
Putih adalah warna yang murni, tidak ada campuran apapun. Makanya sering di anggap sebagai warna yang menimbulkan efek suci dan bersih. Ketika kita ingin membuat desain yang simple dan minimalis, menggunakan warna putih adalah langkah yang tepat (walaupun bukan cara satu-satunya)
Dalam desain grafis, warna putih selalu menjadi penetral warna lainnya, seperti halnya warna hitam, itulah sebabnya warna putih sangat cocok dikombinasikan dengan warna apa saja, bahkan saat ini, beberapa designer banyak mengaplikasikan warna putih untuk karya mereka, karena dianggap sangat memberikan efek kuat pada karya yang mereka buat.
Demikian halnya dengan warna lainnya, maka disetiap daerah untuk kegiatan yang sakral, warna putih memiliki makna yang berbeda, terutama yang menyangkut simbol tradisi daerah.

Baso Marannu
Salam Kreatif.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *