MELESTARIKAN SENI & BUDAYA

Siang ini, saya berkunjung ke salah satu hotel di sekitar pantai Losari Makassar, dibagian lobby terpajang alat musik tradisional khas Makasssar, konon setiap sore musik itu dimainkan oleh para seniman tradisional, dengan melantunkan lagu khas daerah Bugis – Makassar.
Apa yang saya saksikan salah satu bentuk melestarikan budaya, tentu banyak cara kreatif untuk tetap memperkenalkan karya seni dan budaya bangsa, boleh jadi saat pembukaan acara seremonial dan lain sebagainya.
Namun, tidak hanya sampai disitu saja, kita berharap mereka yang telah mencurahkan hidupnya untuk seni dan budaya dapat lebih diberdayakan, lebih diberikan tempat yang layak, bukan sekedar acara seremonial, setelah itu mereka kembali dilupakan.
Bagaimana jika mereka diberikan tempat khusus pada sebuah komunitas atau kampung sesuai dengan kehidupannya, dimana kitalah para penikmat seni yang mendatanginya, bukan mereka yang bersusah payah ke tempat acara, itupun terkadang mereka tidak di jemput, tapi datang sendiri, bahkan dengan bayaran yang harus di tawar semurah-murahnya. Maaf ini hanya tawaran, semoga ada yang merespon, untuk mereka para seniman daerah yang kian tersisih dari gaya hidup modern.
Salam Kreatif.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *