MEMBANGKITKAN MOOD KREATIF

Sahabat basmaracademy, sebagai pekerja kreatif yang dituntut untuk terus berinovasi, maka ada satu hal yang kadang menghambat kamu untuk berkarya, apa itu…yah kita biasa menyebutnya dengan istilah “nggak MOOD”
Pengertian Mood
Dalam beberapa pengertian, istilah Mood adalah keadaan emosional yang sifatnya tentatif atau sementara, waktu jedah untuk malas atau tidak berkeinginan melakukan sesuatu bisa beberapa menit sampai beberapa minggu. Namun istilah Mood biasanya memiliki kecenderungan dampak pada hal yang positif atau bisa juga pada kategori negatif.
Dengan kata lain, orang hampir selalu membicarakan salah satu dari kualitas mood yaitu good mood atau bad mood. Mood mempengaruhi cara seseorang merespon rangsangan. Misalnya, mood yang tertekan cenderung merespon negatif, sedangkan mood senang cenderung merespon dengan semangat, dalam kerja kreatif mood ini selalu menjadi ‘kambing hitam’ jika kualitasnya negatif.
Mood kok nggak datang-datang
Yah..memangnya mood udah diundang? Yah nggak lah! Kita harus menjemputnya, ah kayak teman aja yang mau dijemput kekantor!, memang kesulitan utama yang terkadang dialami seseorang dalam memulai mengembangkan media visual adalah menemukan mood. Ini hampir pasti dialami oleh setiap orang yang serius mengembangkan kreatifitasnya dimedia apapun, bahkan para profesional sekalipun, jangan dikira mereka dengan mudahnya menemukan mood untuk merancang sesuatu.
Tidak percaya? Tanya aja mereka satu per satu. (Capee deh…) namun mereka yang sudah berpengalaman dan ngerti cara ngatasi kejenuhan (bad mood) ketika tidak ada hasrat dalam pembuatan media, jadi cara mengatasi agar mood-nya bisa bertahan lama untuk membuat sebuah media berbeda-beda, tergantung pada diri kita masing-masing.
Perbedaan Mood dan Emosi
Kemudian ada yang bertanya Apa sih bedanya mood dengan emosi? Tentu berbeda, karena mood tidak harus disebabkan sesuatu hal. Misalnya, seseorang dapat merasakan emosi bahagia setelah dapat mewujudkan hasil karya yang ia idam-idamkan, sementara mood bahagia merupakan tendensi untuk bereaksi terhadap rangsangan dari luar. Jadi dapat dikatakan bahwa Mood cenderung bertahan lebih lama daripada emosi.
Hal-Hal yang Mempengaruhi Mood
Apa yang mempengaruhi mood? Tidur adalah faktor utama yang mempengaruhi mood. Orang yang kurang tidur lebih sering memiliki mood depresi. Makanan, obat, dan faktor-faktor pola hidup juga dapat mempengaruhi mood. Beberapa studi menunjukkan bahwa pengambilan keputusan juga dipengaruhi oleh mood. Orang yang memiliki mood senang lebih mudah dipengaruhi oleh iklan.
Sekedar berbagi pengalaman untuk membangkitkan mood berkreatifitas bisa anda lakukan hal berikut:

  1. Bangkitkan suasana senang
    Ketika Anda bingung apa yang akan dilakukan selanjutnya terutama ide-ide yang ingin dituangkan dalam media tidak dapat diwujudkan, sekali lagi karena persoalan mood maka luangkan waktu sekitar 5 menit untuk melakukan hal yang menyenangkan pada diri Anda. Misalnya, melihat karya-karya orang lain baik dimajalah, koran, atau di internet (tanya sama om google…haaa) yang baik dan membuat senang, hal ini dapat membangkitkan mood yang sempat hilang.
  2. Keluar luar, melihat suasana berbeda
    Keluarlah sejenak dari aktifitas yang sedang kamu lakukan atau bediri di dekat jendela. Setelah itu hiruplah udara segar diluar ruangan dianjurkan pada pagi hari. Para peneliti menemukan, bahwa orang yang menghirup udara di pagi hari sambil melakukan berbagai olahraga atau sekadar berjalan santai dapat memberikan efek positif sebelum beraktivitas.
  3. Fokus pada perasaan positif
    Untuk menciptakan “mood” yang positif, memerbanyak pikiran positif dalam diri adalah salah satu cara yang dapat dilakukan. Jika Anda selalu berfikir dan bertindak positif tentu apa yang anda ingin hasilkan juga berdampak positif. Kejernihan dalam berfikir akan memicu mood.
  4. Apresiasi karya sendiri
    Jangan dulu beranjak dari tempat anda berkarya. Sebaliknya, luangkan lima menit untuk memerhatikan karya-karya Anda yang pernah dibuat sebelumnya dan berikanlah penilaian positif sambil menarik nafas dalam-dalam. Hal ini sangat ampuh memercikkan percaya diri dan membangun “mood” positif.
  5. Ciptakan selalu rasa syukur
    Selalu mensyukuri apa yang dimiliki dan dirasakan dalam keseharian merupakan cara ampuh untuk membuat “mood” tetap seimbang. Untuk membangkitkan rasa syukur ingatkan selalu diri Anda terhadap hal-hal menyenangkan yang telah Anda dapatkan dan juga impian Anda yang ingin digapai. Ingat semua yang kita dapatkan adalah pemberian Allah SWT. Cara ini dapat membantu Anda mendapatkan “mood” positif.
  6. Semua Pekerjaan Dilakukan dengan Ikhlas
    Ada banyak hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk luapan kebahagiaan. Dengan sering mengucapkan syukur dan dengan ihlas melakukan setiap aktifitas lainnya saja, “mood” positif Anda pun langsung bangkit. Jadi, tanamkan dalam diri bahwa persoalan Ikhlas dalam berkarya.
  7. Berbaring Sejenak
    Ada hal yang menarik untuk dilakukan jika “mood” kurang bersahabat saat kita ingin beraktifitas terutama dalam berkarya, coba anda tidur telentang (Tanpa bantal) kemudian kosongkan pikiran anda dalam arti jangan anda memikirkan hal-hal lain seperti orang tidur, lakukan hal ini kurang lebih sepuluh menit, Insya Allah setelah anda lakukan hal tersebut, “mood” bisa kembali segar.

Salam Kreatif, Tetap Berkarya!
Baso Marannu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *