MENGENAL KARAKTER PENSIL SEBAGAI ALAT MENGGAMBAR

Sahabat yang kreatif, setelah saya menurunkan tulisan di basmaracademy.com tentang menuntun anak mewarnai gambar, maka kali ini saya akan mengulas tentang karakteristik ala dan media gambar, tentu para orang tua sudah mengenal dengan akrab alat dan media yang digunakan untuk menggambar, namun untuk menambah wawasan kita, maka kita akan membahas tentang karakteristik alat dan media tersebut, agar dapat digunakan secara optimal.
Alat dan Media Menggambar
Alat adalah benda yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu dalam hal ini kita menyebutnya sebagai alat untuk menggambar, namun secara umum alat juga bisa berbentuk perkakas, perabot dan lain-lain. Sedangkan media bisa dikatakan perantara atau penghubung.
Sebagai sarana belajar menggambar, alat dan media memiliki peran penting serta ada banyak variasi beserta macamnya. Untuk menuangkan kreasi menggambar maka kamu bisa menggunakan pensil, pensil warna, bolpoin. Setiap alat dan media pasti memiliki karakter yang berbeda-beda. Beberapa macam alat dan media gambar adalah sebagai berikut
KERTAS GAMBAR
Untuk media menggambar umumnya kita menggunakan kertas atau kain kanvas, namun pada perkembangannya media menggambar sudah sangat luas, mulai dari bahan logam, kaca kayu dan lain sebagainya. Pada prinsipnya media gambar yang akan kita bahas pada dasarnya alat gambar yang dapat dituangkan (digambarkan) adalah media yang mampu menyerap dan menyatu antara alat yang digunakan dengan media gambar tersebut.
Pada tulisan ini kita membahas mengenai alat yang digunakan untuk menggambar dengan memakai media kertas gambar, misalnya kertas Padalarang. Pastel khususnya memerlukan kertas dengan permukaan kasar, seperti kertas karto, beberapa alat gambar yang sering kita gunakan adalah sebagai berikut:
PENSIL
Pensil adalah alat tulis atau gambar yang terbuat dari Grafit. Grafit adalah bahan mineral/tambang yang merupakan satu keluarga dengan karbon, charcoal, dan diamond. Grafit berwarna iron grey yang mengkilat metalik, selain digunakan sebagai bahan utama pensil grafit juga digunakan sebagai komponen pengecoran logam serta sebagai pelumas. Bahan-bahan tersebut di atas kemudian dicampur dan di cetak dalam bentuk silinder kecil, yang kemudian dimasukan dalam selongosong kayu atau plastik
Alat gambar yang paling akrab dan paling sering digunakan adalah Pensil, Pada prinsipnya pensil dibedakan menjadi 2 jenis yakni pensil yang bahannya lunak dan berbahan keras, secara umum pensil di pasaran pensil diberikan tanda huruf, yakni dengan tanda “H” dan dengan bertanda “B”. Pensil H ini memiliki sifat yang keras dan cocok digunakan untuk membuat garis yang tipis. Sedangkan Pensil B memiliki sifat lunak dan cocok digunakan untuk membuat garis tebal atau hitam pekat.
Pensil yang bertanda H dan Pensil B dibedakan dari segi tingkat kekerasan dan kepekatan hasil. Pensil H dan Pensil B diberikan tanda angka untuk membedakan jenisnyal. Untuk Pensil B, semakin besar angkanya, maka semakin lunak sifatnya dan semakin pekat pula hasilnya jadi untuk menghasilkan gambar yang gelap (hitam) maka disarankan untuk menggunakan pensil dengan jenis B, jenisnya ada B, 2B, 3B hingga 9B, semikin tinggi nilainya maka semakin lunak dan semakin pekat warna hitamnya.
Sementara untuk jenis Pensil H, karakteristiknya semakin besar angkanya, maka akan semakin keras sifatnya dan semakin tipis hasil goresannya, H, 2H, 3H. hingga 9H. Diantaranya itu ada yang kita kenal dengan jenis pensil HB.
Jadi buat kamu yang ingin menggambar menggunakan pensil, jika ingin menggambar karakter garis yang tidak pekat maka gunakan pensil jenis H, sedangkan untuk gambar yang pekat (hitam) maka disarankan untuk menggunakan pensil jenis B.
Pensil grafit ini mempunyai tingkatan dalam ketebalan dan kerasnya bahan grafit tersebut. Maka dari itu pabrik yang membuat pensil jenis ini mencantumkan kode sebagai penanda dan sekaligus sebagai pembeda karakter pensil.
Kelompok kode H biasanya digunakan untuk menggambar teknik, sedangkan Kelompok kode B biasanya untuk menggambar bebas, Untuk tingkatan medium diberi kode HB, digunakan untuk menulis.


Salam kreatif, tetap berkarya
Baso Marannu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *