NETIZEN MENJUAL “OTAK KANAN”

Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start writing!

Masyarakat virtual atau yang kita istilahkan Netizen menurut Jan A.G.M Van Dijk adalah masyakarat yang tidak terikat dengan dengan tempat, ruang dan waktu tetapi melakukan interaksi dan melayani kepentingan bersama, mereka diciptakan dalam jaringan komputer serta berinteraksi untuk pertukaran informasi (The Reality of Virtual Commonitie, 1997). Bahkan ada ungkapan lucu yang pernah saya baca “maha benar netizen dengan segala ungkapannya”, terkadang kita tidak menyadari bahwa ada ‘shockfuture’ yang membuat kita terheran-heran, sedih, menggelikan bahkan membuat kita marah, akibat ulah netizen yang naif.

Inilah perbedaan mendasar mengapa otak kanan saat ini menjadi dominan menghiasi kreatifitas para netizen, yang mengoptimalkan pemikirannya yang holistik, cepat mengenali pola-pola, mampu menafsirkan ekspresi nonverbal dan emosi seseorang. demikian ramalan Daniel H. Pink dalam bukunya A Whole New Mind (Suatu Pemikiran Baru yang Utuh) berpindah dari zaman Informasi menuju Zaman Konseptual.

Jadi virus ‘HOAX’ yang selama ini meresahkan kita, bahkan penyebarannya sangat masif, karena SUDAH KODRATNYA bahwa ‘kreatifitas positif’ akan selalu ada lawannya yakni “kreatifitas destruktif’, dan selalu berjalan beriringan.

Secara sederhana dikatakan oleh Robert Ornstein seorang ahli syaraf dalam bukunya The Right mind, menyimpulkan kedua sisi otak kita menyikapi pendekatan yang berbeda dari sudut tindakan, pemahaman, respon kita terhadap kejadian, yakni (1) Otak kiri mengontrol sisi kanan tubuh, otak kanan mengontrol sisi kiri tubuh; (2) Otak kiri bersifat rentetan, otak kanan simultan; (3) Spesialisasi otak kiri dalam teks, otak kanan dalam konteks; (4) otak kiri menganalisa detil, otak kanan membuat sintesa gambaran menyeluruh; (5) Otak kiri mengumpul dalam satu jawaban, otak kanan memilah suatu Gestalt; (6) Otak kiri fokus pada kategori, otak kanan pada relasi; (7) Otak kiri menangkap detil, hanya otak kanan yang bisa menangkap gambar keseluruhan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *