PRINSIP DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PENEKANAN (Emphasis)

Emphasis Istilah lain dari penekanan yaitu focal point atau center of interest yaitu penonjolan salah satu elemen visual untuk menarik perhatian audiens. dalam desain grafis, adalah penekanan pada suatu elemen grafis, jadi penekanan ini memang di sengaja, artinya ada perhitungan tersendiri, misalkan penekanan pada warna tertentu, jika sebuah desain didominasi dengan warna hitam dan abu-abu, kemudian kita memberikan sedikit warna merah, walaupun sedikit (kecil) tapi itulah yang dimaksud dengan emphasis (penekanan).
Namun, perlu berhati-hati dengan penekanan ini, karena jika penempatannya kurang tepat, maka dapat mengganggu desain secara keseluruhan, tahu jika berlebihan berarti bukan lagi penekanan tapi malah nampak ‘norak’.
Centre of Interst: Di sebut juga prinsip dominasi, atau pusat perhatian, atau klimak adalah upaya penampilan pada bagaian tertentu dari karya desain yang menarik perhatian dengan cara pengaturan posisi, perbedaan ukuran, perbedaan warna, atau unsur lain, dan pengaturan arah unsur-unsur desain.
Nah, kamu sudah pahamkan, bahwa Penekanan (Emphasis) atau focal point adalah bagian yang dibuat menonjol untuk menarik perhatian yang melihat. Dapat dilakukan dengan memberikan kontras baik bentuk, warna, tekstur, dlsb.
Contoh lainnya adalah pemberian pernik-pernik pada desain tertentu, maka pernik itu kita katakan sebagai emphasis, bentuknya pastilah berbeda dengan elemen-elemen dasian lainnya, perbedaan ini akan dicapai secara baik, dengan perhitungan yang matang.
Berkaitan dengan komunikasi visual dalam penyampaian pesan melalui desain, terdapat informasi yang perlu diutamakan atau lebih penting dibandingkan informasi lainnya. Untuk itu, diperlukan penekanan melalui unsur-unsur visual. Penekanan dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya dengan penggunaan ukuran huruf yang lebih tebal, besar, warna yang mencolok atau kontras, ukuran gambar/ilustrasi yang besar, arah atau pergerakan bidang dan lainnya. Yang Paling penting adalah menghindari kesan crowded karena semua elemen visual ditekankan.
Demikian penjelsan umum tentang emphasis, semoga kita dapat berkarya desain yang mampu menarik perhatian audience.
Salam Kreatif
Baso Marannu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *