TREND QUICK PRINT DIGITAL

Sahabat basmaracademy yang kreatif, semoga hari ini Kamu sudah menyalurkan hak demokrasi untuk memilih calon presiden dan calon anggota legislatif, dan saya yakin nggak ada yang golput, karena sistem demokrasi di dunia sehebat apapun sistem yang diterapkan pasti ada kelemahan dan kelebihannya, marilah kita menghargai kreatifitas para calon pemimpin kita, beda pilihan biasa, yang penting kreativitas nggak boleh mati.

Menurut informasi, hasil perhitungan cepat (Quick Count) akan kita dapatkan dua jam setelah penutupan untuk mencoblos di TPS, tentu kita akan menyaksikan beberapa waktu kedepan, hasil perhitungan cepat sudah mulai mewarnai media-media elektronik.

Apa yang diharapkan dari quickcount sama halnya dengan perkembangan dunia cetak saat ini, kita mengenal dengan istilah print digital, kemudian karena kecepatan yang dituntut oleh customer maka berkembang istilahnya menjadi quickprint digital.

Berbicara tentang bisnis cetakan sebelumnya kita mengenal dengan istilah offset print, metode offset (khusus cetakan pada media kertas) menggunakan tinta basah dan memerlukan pengeringan setelah proses pencetakan berlangsung, materi yang ingin dicetak menggunakan sebuah plat ke lapisan karet dan mencetak dengan kuantitas besar, bahkan cara ini walaupun tetap berkembang namun pesaingnya adalah menggunakan digital print.

Sedangkan Digital offset, atau kita mengenal dengan istilah kerennya digital printing, adalah sebuah metode percetakan dari gambar berbasis digital, yang biasanya berupa File, kemudian bisa langsung dicetak di berbagai media dengan cara yang lebih cepat. Digital print merupakan hasil inovasi perkembangan dari metode percetakan konvensional, yang muncul seiring dengan kemajuan teknologi dunia yang sudah masuk ke dalam era digital.

Perkembangan tekkologi dunia cetak saat ini begitu cepat dan semakin mudah dan murah, jika pada awal tahun 2000-an seseorang ingin mencetak Brosur, flyer atau booklet membutuhkan waktu lama dan jumlah relatif banyak maka saat ini hal itu sudah tidak berlaku, sekarang media-media tersebut dapat dipesan dalam waktu singkat (bahkan bisa ditunggu) sekaligus jumlah cetakan tidak harus dalam jumlah banyak, bisa cetak dalam jumlah satuan. Itulah hebatnya perkebangan dunia cetak saat ini

Quickprint digital adalah penyedia jasa digital print di beberapa perusahaan advertising (percetakan) yang menyediakan akses pencetakan seperti Business Card, Flyer Brosur, Booklet, Company Profil, dll dalam waktu yang cepat dengan harga yang bersaing, tujuannya memenuhi kebutuhan client akan cetakan-cetakan yang bersifat membantu aktifitas bisnis dan karis mereka.

Media cetakan yang berkembang saat ini buka saja pada kertas yang umumnya dibuat, tapi dengan kecanggihan teknologi cetakan, hampir semua media sudah di buat dengan teknologi print digital, Contohnya dulu kalau kita membuat baju kaos harus di sablon secara manual, maka saat ini sudah ada print kaos, dengan hasil yang lebih baik, dan tentunya waktu pengerjaan lebih cepat, dulu orang membuat souvenir dari bahan karet sangat sulit dan mahal, maka saat ini sudah dapat diatasi dengan print khusus karet..saya katakan hampir semua bahan media sudah menggunakan teknik print.

Tentu Ada kelebihan dan kekurangan digital print yang saat ini berkembangan di bisnis percetakan. Kelebihan teknik cetak digital print diantaranya (1) Jumlah cetakan bisa dipesan dalam jumlah sedikit, bahkan bisa cetak hanya satu lembar; (2) Kamu nggak perlu menunggu lama untuk dapat menghasilkan cetakan dari mesin cetak digital karena tidak membutuhkan pembuatan film atau plat cetak; (3) Harga lebih murah untuk mencetak dalam skala kecil.
Sedangkan Kelemahan teknik cetak digital print biasanya (1) Warna kurang konsisten jika untuk mencetak skala besar akibat mesin yang cenderung cepat lelah; (2) untuk cetakan kertas biasanya hanya dapat mencetak hingga ukuran A3+ dan (3) Harga cetakan cenderung jauh lebih mahal bila mencetak dalam skala besar.
Lalu apa yang menjadi persaingan saat ini dengan perkembangan teknologi dunia cetakan yang semakin pesat? Tentu yang paling nampak adalah persaingan kualitas dan harga yang ditawarkan kepada customer. Bagaimana mengatasi persaingan bisnis cetakan yang semakin ketat? Berikut beberapa hal yang ditawarkan oleh basmaracademy.

  1. BUATLAH DESAIN YANG KREATIF DAN EKSKLUSIF

Para pelanggan biasanya lebih tertarik pada karya-karya yang baru dan belum banyak beredar di masyarakat, untuk itu, sebagai penyedia jasa pencetakan jangan hanya pasrah pada keinginan pelanggan, tapi tawarkan juga pilihan hasil kreasi yang dirancang oleh kreator-kreator advertising. Sehingga mereka merasa diberikan pelayanan yang baik.

  1. TETAP MENJAGA KUALITAS CETAKAN DAN KEJUJURAN

Hasil mesin cetak (digital print) terkadang konsistensi warna yang dihasilkan tidak semuanya sama, untuk itu jika ada diantara cetakan itu yang kurang maksimal, maka pihak advertising harus berani mengambil risiko untuk menggantikannya, dalam dunia cetakan satu hal yang perlu dijaga adalah Kejujuran, termasuk ketpatan waktu penyelesaian harus disampaikan secara jujur.

  1. BERIKAN SARAN PRINSIP DESAIN YANG BAIK

Kadang customer tidak memahami unsur dan prinsip desain, maka berikanlah pelayanan tambahan dan saran yang baik agar hasil cetakan bisa lebih sempurna, tanpa harus dibebankan biaya tambahan, angap saja bonus pelayanan.

Nah itu saja dulu, semoga bisnis print digital tetap berkembang dan esok kembali bekerja seperti biasanya.

Salam kreatif, tetap berkarya
Baso Marannu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *